Oleh: abusyafiq | Oktober 22, 2008

Candi Cangkuang

By Wahyu Raksaguna

Candi Cangkuang berdiri di atas puncak bukit Pulo Panjang, berukuran 4,5 x 4,5 m2 dengan pintu candi menghadap ke timur. Untuk mencapai pintu candi, harus menaiki sepuluh anak tangga terlebih dahulu. Di dalam candi Cangkuang terdapat sebuah patung dewa Siwa yang sedang duduk bersila. Tangan dan beberapa bagian tubuh patung tersebut sudah tidak utuh lagi. Patung yang dapat diangkat dan dipindahkan ke tempat lain tersebut, menyatu dengan lempengan penutup sumur yang ada di dalam candi. Jika patung diangkat maka akan tampak sumur candi yang dalam dan gelap. Sumur ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan abu jenazah.

Candi Cangkuang diperkirakan merupakan bangunan peninggalan abad VII Masehi. Perhitungan tahun ini didasarkan pada perhitungan usia kelapukan batu candi dan relief garis candi yang masih sederhana. Diperkirakan candi tersebut berasal dari jaman Kerajaan Pajajaran, karena belum ditemukan prasasti dan keterangan tertulis yang dapat memastikan keberadaannya.

Sejarah penemuan candi Cangkuang dimulai sekitar tahun 1893. Pada waktu itu di kecamatan Karang Pawitan (berjarak sekitar 20 km dari Cangkuang) ditemukan sebuah kitab kuno berjudul Batavia Guinneskoop yang ditulis orang Belanda bernama Voderman. Di dalam kitab tersebut ada cerita mengenai keberadaan sebuah patung Syiwa dan makam Arif Muhammad di daerah Cangkuang. Pada tanggal 9 Desember 1966, seorang arkeolog Islam bernama Uka Tjandrasasmita mengadakan penelitian ke daerah Cangkuang dan menemukan batu-batu bekas reruntuhan bangunan dan sebuah patung Siwa seperti yang diungkapkan Voderman. Oleh karena itu, Uka Tjandrasasmita dianggap sebagai penemu Candi Cangkuang.
dicuplik dari :
http://www.tourism-mpu.com/id/jawabarat/?info=lokasi


Responses

  1. makasih karna dgn adanya blog ini aq jadi bisa nyelesaiin tgsku,makasih ya……………………………………………………


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: